Tuesday, 21 June 2016

Cara Mengatasi Power Drop Pada Laptop

Power Drop pada Laptop (Penyebab Dan Cara Mengatasi nya)


Power drop artinya Led hidup sebentar kemudian mati kembali atau restart.ciri cirinya ketika adapter di pasang Vin 19v masuk dan mendistribusikan power ke DC/DC power suplay IC.tetapi pada saya switch on power VS(VS artinya power distribusi baru aktif pada saat switch button ditekan) kemudian power gagal untuk melanjutkan kontribusi dan mati atau restart kembali.
*Catatan utk teknisi"jangan mengutak atik komponen pada jalur Power utama VALW


Menyikapi kasus seperti ini beberapa hal yang perlu kita pahami adalah sebagai berikut :

1.Bios Bug

Bios bug adalah ganguan pada firmware bios yang dapat mengganggu power boot,gejalanya, power terkontribusi dengan baik,hanya saja pengaturan bootstap eror dan menyebabkan boot menjadi gagal....contoh pada operating system yg corrupt laptop gagal loading hanya dikarenakan software bermasalah.pada kasus bios bug firmwarenya yang bermasalah.(software adalah program yang diinstal ke harddisk sedangkan firmware program yang diinstal ke ic).
kenali tipe bios ic lainnya (model lama)biasanya bios tipe lama ini jarang rusak di firmwarenya,jika menemukan kasus motherboard yang memiliki tipe seperti dibawah ini sebaiknya jangan di garap biosnya.Penginstalan bios firmware harus menggunakan eprom programer,dimana alat ini dibuat khusus untuk erase/write pada ic bios rom.
Modern motherboard hari ini sudah memiliki beberapa ic bios dalam satu motherboard,Disebut dengan Bios utama ,EC bios dan ID bios.

2.Power spike

Power spike adalah lonjakan power yang melebihi kapasitas,sehingga pada saat spike terjadi menyebabkan arus terputus penyebab mati atau restart.dalam hal ini kapasitor memegang peranan penting dimana fungsi kapasitor adalah sebagai menyimpan tegangan .
komponen yang memiliki spike adalah boot strap komponen .pada saat booting atau pada saat menjalankan fitur berat akan meminta kontribusi lebih power yang lebih besar .
Boot strap komponen yang sering menjadi penyebab power spike adalah VCCORE dan VCCP.

3.VS komponen malfunction atau short.

VS komponen adalah komponen yang aktif setelah power di on kan.komponen inilah yang berfungsi sebagai pengaturan tahapan switching,berdasarkan tahapan yang lebih dikenal dengan Sleep state.
Jika salah satu komponen ada yang short pada jalur ini,maka feedback dari komponen yang short tersebut akan menggagalkan power distribusi dan power menjadi drop.
VS(Power on switch) baru aktif jika motherboard berhasil di switch on,jika motherboard tidak bisa di switch on tentu saja VS tidak keluar atau tidak dapat diukur.

Persaratan untuk mengaktifkan VS adalah system switching telah mengeluarkan tegangan 5v dan 3v_VS yang dibutuhkan untuk power boot.

Komponen Power Boot :

1.Power Procesor (VCCORE)
(STANDARD UMUM TEGANGAN NORMAL VCCORE ADALAH MINIMAL 1.05V_VS)

2.VCCRAM (power untuk memori modul)
Prinsip yang sama dengan VCCORE,jika terjadi power spike(lonjakan tegangan)pada memory random yang diakibatkan VCCRAM ic buruk,bank capasitor lemah dapat terjasi pada VCCRAM
(catatan Teknisi": STANDARD UMUM VCCRAM DDRII=1,8V_VS...DDRIII 1,5V_VS dan 0.75~0,90VTT)

3.VCCP(power chip)
Prinsip yang sama dengan VCCORE,jika terjadi power spike(lonjakan tegangan)pada memory random yang diakibatkan VCCRAM ic buruk,bank capasitor lemah dapat terjasi pada VCCP(Power Southbridge/Northbridge)

4.PCVGA/PCFGX(Power untuk VGA)
Prinsip yang sama dengan VCCORE,jika terjadi power spike(lonjakan tegangan)pada memory random yang diakibatkan VCVGA ic buruk,bank capasitor lemah dapat terjasi pada VCVGA
CATATAN:STANDARD UMUM VCCP 3V_VALW DAN 1.5V s/d 2.5V_VS

4.SHORT pada jalur VS
Short pada jalur VS tidak menyebabkan adapter blinking/meredup seperti gejala short pada jalur VALW tegangan power utama.ciri cirinya dapat dilihat ketika kita melakukan pengukuran pada jalur VS setelah diswitch on,ditemukan tegangan yang tidak stabil pada jalur itu.Dengan melihat besaran arus yg tinggi pada current monitor komponen short pada jalur ini bisa ditemukan.
Short pada jalur VS juga bisa terjadi pada kaki kaki BGA/bersatunya Lead ball akibat kegagalan reball,reflow yg tidak sempurna dan bersatunya jalur bga akibat over heating.

5.Intermiten
Intermiten adalah ganguan konduktor,timbal,longgar koneksi pendistribusian tegangan yang menyebabkan penyempitan atau berkurangnya kontribusi power melebihi batas toleransi.

6.EMI induksi elekromagnetik(lihat materi induksi)
7.Protect eror short
Protect eror short terjadi arus pendek diarea yg telah dilalui bios power managemen,sehingga bios mematikan /memutuskan tegangan yg masuk untuk melindungi kerusakan pada komponen lain.
contoh protect eror short:
short pada kaki bga
short pada kabel lcd
short pada multimedia flexible
short pada kaki kaki memori
sort pada soket soket wifi,modem ,card reader dan sejenisnya.

0 komentar: